Kamis, 28 November 2013

Wisata ke Kawah Putih Ciwidey Bandung, Dinginnya Bikin Kangen


wisata kawah putih

Kawah Putih Objek Wisata mempesona di bandung selatan dapat menjadi alternatif tujuan wisata ketika berkunjung di kota Bandung. Ada cukup banyak pilian tempat tujuan wisata dengan tema berbeda yang dapat dikunjungi ketika mengunjungi kota tersebut; meskpin kebanyakan orang saat ini sepertinya lebih sering mengunjungi Bandung untuk berwisata belanja atau hanya sekedar mengunjungi tempat - tempat hiburan di kota Bandung. Padahal ada cukup banyak tempat tujuan wisata menarik di sekitar kota Bandung yang menawarkan keindahan dan keunikan alam seperti Tangkuban Perahu serta Kawah Putih. Kedua tempat wisata tersebut menawarkan keindahan alam pegunungan yang khas sehingga patut untuk dimasukkan ke dalam agenda kunjungan wisata ketika berada di Bandung.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Hotel dekat Kawah Putih Ciwidey 


Lokasi Kawah Putih

Kawah Putih merupakan sebuah obyek wisata alam yang terletak di sebelah selatan kota Bandung; tepatnya berada di wilayah Ciwidey. Sesuai dengan nama atau sebutannya; Kawah Putih merupakan sebuah danau vulkanik yang terjadi akibat letusan dari Gunung Patuha. Kandungan belerang yang tinggi membuat tanah, air dan juga berbagai material yang berada di sekitar danau vulkanik tersebut berwarna putih yang kemudian sepertinya mendasarai penamaan tempat wisata tersebut sebagai Kawah Putih. Seperti halnya kebanyakan danau vulkanik yang memiliki kandungan belerang cukup tinggi; perubahan warna danau juga sering terjadi di Kawah Putih dimana warna air danau tidak melulu berwarna putih kehijauan namun dapat berubah menurut kondisi cuaca serta konsentrasi belerang yang terkandung di dalam air danau.

Kawah Putih terletak pada ketinggian kurang lebih 2300 meter di atas permukaan laut; hanya beberapa meter saja di bawah puncak tertinggi dari Gunung Patuha yang tercatat tidak lagi menunjukkan aktivitas vulkanik kegunungapian. Lokasi tempat wisata ini terletak kurang lebih 50 kilometer di sebelah selatan kota Bandung; tepatnya berada di Jalan Raya Soreang Ciwidey, Ciwidey, Kabupaten Bandung dengan titik koordinat pada GPS -7.165833, 107.401944. Kunjungan wisata ke Kawah Putih Bandung dapat menjadi alternatif lain ketika banyak orang hanya fokus pada tempat hiburan dan berbelanja ketika berkunjung ke Bandung. Padahal ada tempat wisata alam yang unik dan eksotis untuk dikunjungi tidak begitu jauh dari kota Bandung.

Sejarah Penemuan Kawah Putih


Sejarah ditemukannya Kawah Putih berawal pada abad 19 atau tepatnya pada tahun 1837 ketika seorang anggota Belanda bernama Dr. Franz Wilhelm Junghuhn memutuskan untuk menuju ke puncak Gunung Patuha demi ilmu pengetahuan untuk menyangkal bahwa tempat tersebut angker dan dihuni oleh makhluk halus. Padahal pada waktu itu hampir semua orang percaya bahwa puncak Gunung Patuha merupakan daerah angker dan tidak ada lagi orang yang berani naik kepuncak gunung tersebut setelah letusan hebat pada abad 10 karena merekan percaya bahwa orang yang naik ke puncak gunung tersebut tidak akan kembali lagi. Masyarakat umum percaya bahwa tidak ada makhluk hidup yang akan bertahan hidup ketika mendekati area tersebut; dipercaya pula bahwa burung yang terbang melewati tempat tersebut akan mati dan jatuh.

sejarah kawah putih
Lukisan Kawah Putih Dr. Franz Wilhelm Junghuhn - Foto diambil dari wikipedia

Demi memuaskan rasa ingin tahun dan berupaya membuktikan bahwa mitos tersebut keliru; Junghuhn memberanikan diri pergi ke puncak Gunung Patuha dan ternyata berhasil mencapai puncak untuk menguak misteri dan menemukan keindahan alam yang luar biasa di sana. Junghuhn mengabadikan puncak Patuha dan Kawah Putih dalam sebuah foto dokumentasi pada tahun 1856. Ia menggambarkan sebuah danau dengan warna air putih dengan sedikit warna hijau dan biru dikelilingi oleh bukit - bukit berwarna hijau dan putih dengan beberapa vegetasi ternampak di tepian danau. Harga belerang yang tinggi di puncak Gunung Patuha sepertinya menjadi jawaban dari misteri keangkeran serta menjadi penyebab matinya banyak makhluk hidup ketika berada di dekat puncak gunung atau danau Kawah Putih. Dengan keberhasilan Junghuhn kemudian semakin banyak orang berusaha mencapai Kawah Putih dan melihat fenomena keindahan alam di tempat tersebut. Pemerintah Indonesia mulai serius mengembangkan Kawah Putih sebagai tempat tujuan wisata pada tahun 1987 .

Air Kawah berwarna putih kebiru-biruan

Keindahan Alam Di Kawah Putih, Ciwidey Bandung


Wisatawan dapat menjalani liburan menyenangkan ke Kawah Putih untuk menikmati fenomena keindahan alam yang ada di tempat tersebut. Tempat ini terlihat begitu tenang dan anggun serta memiliki aura menghanyutkan. Pada bulan - bulan tertentu terutama di musim kemarau; suhu dapat turun pada kisaran 10 derajat Celcius pada siang hari dan di bawah 5 derajat Celcius pada malam hari. Pada hari - hari biasa; suhu tempat tersebut masih terbilang sejuk dan dingin dengan kisaran suhu berada di angka 17 derajat Celcius. Pengunjung diharapkan mempersiapkan diri dengan baik ketika akan mengunjungi tempat ini dan membekali diri baju hangat, sweater atau jaket untuk menahan udara dingin yang menusuk tulang.

Mengeksplorasi Kawah Putih di musim kemarau ternyata cukup mudah dilakukan; hal ini terjadi karena air danau tengah surut sehingga ada cukup banyak daerah kering yang landai berada di sekeliling danau. Ketika angin cukup banyak bertiup maka suasana menjadi lebih terang karena hembusan angin akan membawa pergi kabut belerang yang pekat. Pada konsisi tersebut maka kesempatan untuk melihat dan mengabadikan keindahan Kawah Putih menjadi lebih mudah. Ada baiknya membawa peralatan fotografi bahkan hanya sekedar kamera saku atau kamera ponsel untuk mengabadikan keindahan tempat ini. Wisatawan dapat mengeksplorasi sekitar danau untuk mencari posisi dan obek menarik untuk diabadikan dengan kamera. Wisatawan dapat mencoba berteriak kuat - kuat di tepi danau untuk mendengar efek suara gema yang dipantulkan oleh bebatuan di sekitar danau. Sekedar duduk duduk di tepi danau sambil menikmati kopi atau bandrek hangat juga dapat dilakukan untuk memperoleh ketenangan jiwa sambil menikmati keindahan Kawah Putih yang membius.

Fasilitas Bagi Wisatawan Di Kawah Putih


Sebagai kawasan wisata yang telah dikembangkan; ada cukup fasilitas di kawah putih yang dapat dimanfaatkan pengunjung untuk lebih menikmati kunjungannya di tempat wisata ini. Keberadaan area parkir yang cukup luas memberikan kenyamanan dan fasilitas bagi wisatawan yang datang membawa kendaraan pribadi ataupun datang bersama rombongan dengan menggunakan bus. Sarana ibadah berupa mushola juga telah ada di tempat wisata ini sehingga kebutuhan beribadah dapat dikatakan telah terjamin. Toilet umum serta restoran dan juga warung makan dengan mudah ditemukan di tempat ini; wisatawan tidak akan kesulitan untuk mendapatkan makanan atau minuman hangat di tengah - tengah kegiatan mengeksplorasi dan menikmati keindahan danau Kawah Putih. Adanya sarana transportasi dari gerbang pintu masuk kawasan wisata menuju ke danau Kawah Putih juga sangat memudahkan wisatawan yang datang dengan menggunakan kendaraan umum untuk lebih mudah mencapai kawasan wisata. Pengunjung dipastikan tidak akan mengalami kesulitan karena kurangnya sarana dan prasarana pendukung kegiatan liburan di tempat ini.

Sebagai tempat wisata alam yang menawatkan keindahan lingkungan alam pegunungan di tengah area vulkanik; Kawah Putih dapat menjadi tempat tujuan wisata yang cocok bagi siapapun. Tiket masuk ke kawasan wisata Kawah Putih juga terbilang sangat ekonomis; harga tiket masuk objek wisata kawah putih seharga 15 ribu rupiah terjadi setiap hari tanpa membedakan hari libur, akhir pekan atau hari biasa. Untuk kebutuhan parkir kendaraan dan sarana transportasi menuju ke lokasi wisata; biaya parkir atas untuk mobil adalah 150 ribu rupiah, untuk motor 35 ribu rupiah sedangkan untuk parkir bawah mobil 6 ribu rupiah, parkir bawah motor 5 ribu rupiah dan parkir bawah untuk bus adalah 25 ribu rupiah. Yang dimaksud dengan parkir atas adalah membawa kendaraan pribadi naik sampai ke lokasi kawah; sedangkan parkir bawah adalah lokasi parkir yang berada di gerbang masuk kawasan wisata.

Untuk mencapai lokasi danau Kawah Putih dari gerbang wisata disediakan sarana transportasi yang disebut dengan Ontang-anting; kendaraan ini adalah sebuah minibus yang telah dimodifikasi menjadi kendaraan bak terbuka dengan pengaman. Kapasitas kendaraan ini adalah untuk 12 orang; ada cukup banyak Ontang Anting yang beroperasi mengatar wisatawan dari gerbang menuju ke kawah sehingga wisatawan tidak perlu khawatir tidak mendapatkan tempat untuk menuju ke danau Kawah Putih dari gerbang wisata. Nama Ontang - anting sendiri berasal dari bahasa Sunda untuk menyebut kendaraan yang mondar- mandir mengantarkan pengunjung dari gerbang ke puncak ini. Biaya untuk naik Ontang - anting adalah 13 ribu rupiah untuk sekali jalan. Kawasan wisata Kawah Putih terbuka untuk umum setiap hari dengan jam buka pukul 7 pagi sampai pukul 5 sore.

Menuju Ke Obyek Wisata Kawah Putih


Akses menuju Kawah Putih terbilang cukup mudah ; kebanyakan wisatawan dengan kendaraan pribadi dari arah Jakarta dapat menggunakan jalur tol Cipularang dan keluar di pintu tol Kopo untuk kemudian menuju ke arah Soreang menuju bagian selatan dari Ciwidey. Petunjuk arah untuk menuju Kawah Putih sangat mudah ditemukan sehingga wisatawan yang akan menuju ke tempat tersebut dipastikan tidak akan tersesat. Jika menggunakan kendaraan umum dari terminal Leuwi Panjang; maka wisatawan dapat menggunakan angkot menuju terminal Ciwidey dan pindah ke angkot menuju Situ Patenggang untuk turun di gerbang kawasan wisata Kawah Putih.

Berikut adalah petunjuk untuk menuju kawah putih:
  1. Menggunakan Kendaraan Umum. Jika Anda berniat untuk ke kawah putih, Anda dapat menggunakan transportasi reguler (umum) untuk menuju kawah putih . Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menuju terminal leuwi panjang Bandung. Dari terminal leuwi panjang Anda dapat menaiki mini bus jurusan Ciwidey-Leuwi Panjang. Dari terminal Ciwidey Anda dapat naik angkutan umum jurusan Ciwidey - Situ Patenggang. Anda dapat langsung mencapai gerbang masuk kawah putih.
  2. Menggunakan Kendaraan Pribadi . Untuk menuju Kawah Putih akan lebih nyaman jika Anda menggunakan kendaraan pribadi. Jika Anda dari arah Jakarta rutenya adalah sebagai berikut:        Exit Tol Kopo> Belok kanan ke Jl. Kopo - Soreang> Dari Pusat kota soreang Anda tinggal mengarah ke arah Ciwidey.
Hal diatas merupakan petunjuk sederhana mengenai rute menuju Kawah Putih Bandung . Alternatif terakhir untuk menuju kawah putih adalah dengan menggunakan jasa rental mobil ke kawah putih bandung .

Beberapa Tips Ketika Mengunjungi Kawah Putih


Ada beberapa hal sederhana namun penting yang patut diperhatikan oleh wisatawan ketika mengunjungi Kawah Putih seperti mempersiapkan diri secara fisik karena akan masuk ke wilayah dengan cuaca yang cukup ekstrim. Udara dingin di kawasan wisata Kawah Putih dapat disiasati dengan mengenakan pakaian hangat atau jaket yang mampu menahan dingin. Ada baiknya mengenakan sunblock sebelum mengeksplorasi area Kawah Putih karena udara dingin seringkali membuat paparan sinar matahari yang tidak dirasakan sehingga efek sengatan sinat matahari dapat merusak kulit. Bawa dan kenakan masker jika tidak tahan dengan bau belerang yang ada; penjual masker dapat pula ditemukan di daerah Kawah Putih bagi wisatawan yang belum mempersiapkan diri. Sebaiknya wisatawan tidak berlama - lama di daerah dengan tingkat belerang yang tinggi jika memang tidak tahan dengan bau belerang karena dapat membuat sesak napas. Ada baiknya memarkir kendaraan di bawah dan menggunakan Ontang - anting untuk menghemat pengeluaran; terutama jika menggunakan mobil dan rombongan hanya terdiri dari sedikit orang. Sayangnya; saat ini belum ada oleh-oleh khas kawah putih yang dapat ditawarkan selain kenangan yang indah serta kesempatan untuk mengabadikan keindahan alam yang luar biasa di puncah Gunung Patuha tersebut. 


Baca Juga:
  1. Wisata Floating Market Bandung
  2. Wisata Tangkuban Perahu Bandung
  3. Wisata Museum Geologi
  4. Wisata Museum Gedung Merdeka
  5. Wisata Desa Bunga Cihideng

Tertarik untuk berwisata ke Bandung? Silahkan hubungi hotline pemesanan kami.

0813.1220.0761 (Telkomsel)
0878.2157.3102 (XL)

Atau anda bisa menghubungi kami melalui e-mail contact@easytourbandung.co