Floating Market Lembang, Tempat Wisata Asyik di Lembang Bandung

Foto Oleh : Djajanto Setiawan
Tempat wisata di bandung utara sebetulnya sangat beragam. Namun jika anda punya rencana bepergian ke sana, jangan lewatkan pengalaman menarik dengan berkunjung ke Floating Market Lembang. Sebuah kawasan asyik yang sungguh sangat sayang untuk dilewatkan. Kawasan ini semakin sering jadi topik perbincangan di kalangan wisatawan yang sudah pernah ke sana atau sama sekali belum pernah berkunjung ke Bandung. Sesuai namanya, kawasan wisata di Lembang ini memang menawarkan konsep pasar terapung. Selama ini kebanyakan orang hanya mengetahui konsep pasar terapung di luar Pulau Jawa, khususnya Terapung Langkat di Sumatra dan Lok Baintan di Kalimantan. Nah, sekarang ini, kawasan semacam itu ternyata juga ada di Pulau Jawa dan dikelola secara unik dan menyenangkan.

Lokasi ini punya beberapa keunggulan, terutama jika ingin menghabiskan waktu liburan bersama anggota keluarga. Pertama-tama ialah suhunya yang sejuk. Seperti umumnya kawasan di sekitar Bandung utara, Floating Market Lembang merupakan tujuan wisata yang sangat tepat bagi siapa saja yang butuh atmosfir sejuk. Kedua ialah karena lokasinya yang masih sangat alami dan membaur dengan suasana khas Bandung. Jadi siapapun pasti akan merasa betah berlama-lama di sini. Ketiga ialah karena terdapat berbagai pilihan aktivitas yang bisa dilakukan di sana. Mengingat kawasan ini didesain sebagai pasar terapung, tentu saja kita bisa memilih beragam wisata kuliner khas bandung atau sekadar duduk-duduk mengamati suasana dan keadaan sekitar.



Di satu kawasan khusus kuliner di Floating Market lembang yakni warung kuliner terapung, Anda dengan mudahnya menemukan ragam warung kuliner dengan karakteristik berbeda-beda. Jadi, Anda tak perlu khawatir jika lapar atau haus, atau sekadar ingin mencicipi beberapa kuliner yang selama ini belum pernah Anda santap. Menariknya, cara transaksinya pun bisa Anda lakukan di atas perahu yang sedang terapung. Sensasinya jauh lebih menarik karena menyantap makanan di atas air bersama beberapa orang merupakan pengalaman tak terlupakan sekaligus menggoda karena dikelilingi beragam masakan khas Sunda atau Nusantara. Apalagi sambil dikelilingi pemandangan alami yang betul-betul membuat Anda puas dengan liburan tersebut.
Jajaran Warung Apung. Foto Oleh : Steve W Lee

Warung apung yang menyajikan Gurilem . Foto Oleh : Franklin Michael
Warung Apung yang menyajikan Bajigur & Bandrek. Foto Oleh : Orlando Frooninckx
Apa saja sih jenis makanan yang ditawarkan dalam Floating Market Lembang? Sebetulnya ada banyak sekali pilihan kuliner yang bisa anda pesan dari perahu yang sedang mengapung. Namun setidaknya Anda punya beberapa gambaran mengenai makanan-makanan tertentu di sana yang cenderung jadi favorit atau mungkin banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Di warung terapung ini hampir semua kuliner khas sunda di jajakan seperti rujak buah dengan bumbu khas sunda, ceker seuhah, cilok kukus, seblak spesial, comro, Gehu dan juga Batagor Bandung. Beberapa makanan lain juga bisa dipesan misalnya Bihun Bakso Kuah, Mie Ceker, Sate kelinci, Ikan Panggang, ayam bakar dan masih banyak lagi. Minuman khas Bandung juga disajikan disini, seperti bandrek dan Bajigur.

Setiap kuliner punya cita rasa tertentu yang sudah pasti akan menggoyang lidah Anda. Suasana wisata kuliner di Floating Market Lembang juga bisa dinikmati saat malam hari bersama pancaran sinar bulan.

Cara Bertransaksi di Floating Market Lembang
Foto Oleh : Ihlasul Amal

Nah, ada satu lagi keunikan dari Floating Market Lembang, terutama saat transaksi. Jika Anda hendak membeli makanan, Anda harus menggunakan koin tertentu yang disediakan oleh pengelola. Nilai koin tersebut terdiri dari 5000 dan 10.000 Rupiah. Makanya, rata-rata harga makanan yang dijual di sana merupakan kelipatan dari koin-koin tersebut. Strategi tersebut cukup unik sekaligus membuat kawasan ini cenderung berbeda dari objek wisata kebanyakan. Selain itu, transaksinya juga jauh lebih praktis karena mengandalkan koin dan tak perlu repot mencari uang pecahan atau kembalian.

Wahana di Floating Market Lembang

Kawasan ini sangat mudah ditempuh apalagi jika Anda berangkat dari pusat kota. Lokasi tepatnya berada di Lembang, Jalan Grand Hotel Nomor 33 E. Setibanya di sana, anda akan disambut oleh danau cantik yang menciptakan suasana sejuk dengan khas pegunungan. Tapi tunggu dulu, sambutan lain yang unik juga diberikan dalam segelas minuman bagi setiap pengunjung. Di saat itulah anda akan merasakan kalau Anda akan dimanjakan oleh setiap fasilitas di sana. Danau tersebut dikelilingi oleh bangku meja yang dinaungi payung untuk memfasilitasi setiap pengunjung yang ingin sekadar duduk di tepi danau. Jangan lewatkan juga pengalaman menelusuri kawasan ini. Ada banyak fasilitas di floating market lembang yang rasa-rasanya terlalu singkat jika hanya menghabiskan waktu beberapa jam saja. Apa saja yang bisa kita temui di sana?

Miniatur Kereta Api
Foto Oleh : Stefanus Prasetya

Ini adalah wahana yang terbilang baru dari floating market lembang, selain menikmati kuliner di pasar apung, anda juga dapat menikmati miniatur kereta api lengkap dengan biorama jalan raya dan juga pedesaan. Bentuk miniatur kereta api juga bermacam-macam, ada kereta api ekspress, kereta tangki pertamina, kereta kargo PT. Pos indonesia. Sungguh akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan terlebih jika anda mengajak buah hati anda. Namun anda harus membayar tiket masuk terusan sebesar 15.000,- / orang.

Taman Kelinci
 
Foto Oleh: catperku.com


Di Floating market juga ada taman kelinci yang menambah kelengkapan kegiatan wisata di floating market lembang. Anda pecinta kelinci dapat masuk ke taman ini dan bisa memberi makan kelinci yang menggemaskan. Bagi anda yang membawa balita, taman kelinci juga memberikan nilai edukasi yang baik untuk anak. Di sini, anak-anak bisa bercengkerama dan bermain bersama kelinci-kelinci lucu di taman. Bahkan mereka juga punya kesempatan memberikan makan kepada kelinci-kelinci tersebut.

Kampung Leuit 
Foto Oleh : Edgar Dobbelsteen

Suasana areal pedesaan memang sangat khas di sekitar danau. Terlebih lagi jika Anda melemparkan pandangan ke sebuah kawasan lumbung padi atau Kampung Leuit. Di sana, terhampar sawah hijau dengan spot cantik untuk menyantap hidangan khas. Kawasan ini juga sangat memanjakan para pengunjung anak-anak karena dari awal didesain sebagai lokasi wisata bagi keluarga. Kampung leuit menjadi area atau wahana pelengkap di tempat wisata floating market lembang. Kampung leuit di floating market lembang akan menjadi alasan anda untuk mengunjungi Bandung.

Taman Angsa
Foto Oleh : Michael Satria

Hewan putih yang anggun ini memang suka berenang. Dan biasanya anak-anak tertarik untuk mendekati hewan ini. Yups, hewan anggun ini bernama angsa. Jika anda memutuskan untuk berlibur ke bandung membawa keluarga anda jangan lewatkan untuk mengunjungi taman angsa di floating market lembang. Di taman angsa, anda juga dapat memberi makan hewan yang anggun ini. Cukup dengan membeli pakan angsa seharga Rp. 5.000,- di jamin anda akan merasakan kebahagian yang jarang terjadi dengan anak anda.

Keliling Danau Naik Perahu
Foto Oleh : Edgar Dobbelsteen

Bagi anda yang suka naik perahu dan tidak phobia dengan air anda bisa mengelilingi danau di floating market lembang. Ada banyak jenis perahu yang bisa anda sewa disini seperti sepeda air, kano yang cocok untuk rame-rame, paddle boat dan sampan. Untuk tarif sewanya adalah sebagai berikut :

Kereta Air : Rp 20.000,- / Orang.
Paddle Boat : Rp 30.000,- / Orang
Sepeda Air : Rp 50.000,- / sepeda (maks. 2 orang).
Sampan : Rp 70.000,- / sampan (maks. 4 orang)
Kano : Rp 50.000,- / kano (maks. 2 orang)

Kasih Makan Ikan 
Foto Oleh : catperku.com

Anda juga bisa mengajak putra putri anda untuk memberi makan ikan di floating market lembang. Selain tempat kuliner yang khas, ternyata danau floating market lembang juga dipenuhi ikan-ikan. Bahkan ada ikan yang ukurannya terbilang besar. Hanya dengan membeli pakan ikan Rp 5.000,- anda bisa memberikan kebahagian untuk putra putri anda.

Harga Tiket Floating Market Lembang




Foto Oleh : bandungview.blogspot.com


Lalu berapakah harga tiket floating market lembang? Biayanya sebetulnya tak mahal sehingga wajar jika kawasan wisata ini selalu ramai dikunjungi orang. Tapi barangkali anda harus menyiapkan anggaran lebih terutama jika anda doyan berbelanja kuliner dan ingin mencoba beberapa masakan yang belum pernah dicicipi.


Tiket Masuk : Rp.20.000,- / Orang

Parkir Mobil : Rp. 10.000,- / mobil

Parkir Bus : Rp. 20.000,- / Bus


Tiket masuk bisa ditukar dengan 1 gelas minuman ringan.



Saat ini, berwisata ke pasar terapung ala bandung sudah sering masuk dalam daftar rencana wisata kebanyakan keluarga. Banyak juga keluarga dari luar kota Bandung yang menyempatkan diri berkunjung ke Floating Market Lembang. Sebab tawarannya sangat unik dengan konsep yang dikemas begitu cantik dan berbeda. Liburan di sana juga akan terasa lebih berkesan jika dilakukan beramai-ramai.


Tempat Wisata Lainnya di Bandung :

Poskan Komentar
Tertarik untuk berwisata ke Bandung? Silahkan hubungi hotline pemesanan kami.

0813.1220.0761 (Telkomsel)
0878.2157.3102 (XL)

Atau anda bisa menghubungi kami melalui e-mail contact@easytourbandung.co