10 Kuliner Khas Bandung yang Wajib Anda Cicipi

Apa Saja Kuliner Bandung yang enak ?


Bandung telah lama dikenal sebagai kota wisata dan banyak dikunjungi oleh berbagai wisatawan. Anda mungkin salah satu calon wisatawan yang hendak ke Bandung. Dan wisata kuliner mungkin masuk dalam rencana anda jika berwisata ke bandung. Dan berikut merupakan salah satu daftar kuliner bandung yang kami rekomendasikan untuk anda. 

1. Es Lilin, Kuliner Asli Bandung

Banyak makanan tradisional yang mulai menghilang kini mulai dihidupkan kembali, salah satunya adalah es salah satu kuliner Bandung, yang sempat menghilang, es lilin kini mulai bisa dijumpai disetiap sudut kota Bandung. Makanan khas Bandung ini kini mulai berinovasi, jika dulu hanya terbatas pada rasa kelapa muda kini Anda bisa menemukannya dalam berbagai varian rasa. Ada rasa cokelat, cappuccino, strawberry, vanilla, durian, sirsak, jambu, nangka, mangga, ketan hitam, kacang hijau, dan lain-lain. Bahkan beberapa es lilin menawarkan sensasi potongan buah didalamnya.
lilin. Sebagai
Es Lilin, salah satu kuliner bandung yang murah dan enakSebagai salah satu makanan tradisional, cara pembuatan es lilin sebenarnya sangat mudah. Adonannya terdiri dari santan murni, tepung es, gula dan buah-buahan. Adonan tersebut dimasak, setelah masak didinginkan dan kemudian dicetak kedalaman cetakan khusus. Jika ingin praktis, beberapa supermarket dan factory outlet di bandung kini bisa menjadi tempat membeli es lilin. Namun jangan kaget, bila dulu harga es lilin yang 500 rupiah kini naik menjadi 1500 hingga 5000 rupiah. Selain rasanya yang lebih variatif, rasa dan kualitas es lilin ini pun lebih terjamin. Harganya pun masih tetap pas dikantong dan dengan teknologi yang canggih, es lilin kini lebih awet dan tahan lama untuk dijadikan oleh-oleh keluar kota. Masih belum tertarik untuk mencoba?.


2. Wajit Cililin, Oleh-oleh Kuliner khas Bandung Barat

Jika Anda penggemar manis dan sedang berada di kota Bandung tak ada salahnya Anda mencoba yaitu wajit Cililin. Makanan ini berasal dari Cililin, salah satu kecamatan Bandung Barat, Jawa Barat. Wajit Cililin awalnya hanya boleh disantap oleh kaum menak (bangsawan) sunda. Kuliner Bandung ini kini dapat Anda peroleh di toko oleh-oleh Bandung dan sekitarnya. Wajit Cililin terdiri dari beras ketan, gula merah, dan parutan kelapa yang dibentuk mengerucut seperti piramida dan dibungkus dengan daun jagung kering.
makanan khas Bandung
Wajit Cililin, kuliner bandung yang enak khas cililin, bandung baratCara pembuatan wajit Cililin sebenarnya cukup mudah dengan mencampurkan semua adonan dengan diberi air dan dimasak hingga adonan mengental. Namun prosesnya bisa memakan waktu hingga berjam-jam. Setelah dibungkus dengan kulit jagung kering, wajit kemudian di jemur di bawah sinar matahari menggunakan nampan dari bambu. Kini beberapa produsen menggunakan oven untuk mempercepat proses produksinya. Kemanisan wajit cililin ditentukan dari gula yang digunakan, jika menggunakan gula aren tentunya akan lebih terasa manis dan gurih. Kini untuk membeli wajit Cililin Anda tidak perlu jauh-jauh ke Cililin. Tempat membeli wajit Cililin kini sudah mulai tersebar seperti di Pasar Baru, Pasar Kosambi, dan terminal Leuwi Panjang, dan lain-lain. Wajit Cililin biasanya dijual perbungkus harga wajit Cililin 10.000 rupiah hingga 15.000 rupiah per pak. Selain sebagai cemilan wajit Cililin juga bisa digunakan sebagai penunda lapar, cocok untuk menemani saat traveling Anda.

3. Dodol garut, Kuliner Murah nan Manis khas Garut

Salah satu kuliner Jawa Barat yang cukup terkenal adalah dodol garut. Makanan khas Garut ini telah diproduksi sejak tahun 1962 oleh seorang pengusaha bernama bu Karsinah dan terus berkembang hingga saat ini. Dodol garut memiliki banyak kelebihan dibandingkan penganan khas Indonesia lainnya. Beberapa di antaranya yaitu, dodol Garut memiliki cita rasa unik dan berbeda, harganya pun cukup terjangkau, bahan bakunya mudah diperoleh, dan tanpa bahan pengawet pun dapat bertahan hingga tiga bulan. Walaupun merupakan kuliner khas garut, dodol garut banya di jual di Bandung dan seringkali dijadikan oleh-oleh. Nah, jika ke Bandung anda mungkin bias membeli dodol sebagai buah tangan.

dodol, kuliner khas garut yang dapat anda beli di bandungCara pembuatan dodol pun terbilang cukup sederhana, yaitu direbus dan dimasak hingga kental. Namun prosesnya cukup panjang, memakan waktu hingga tiga setengah jam. Hal ini dilakukan agar semua adonan dodol tercampur rata dan mengental sempurna. Kini dodol garut dapat dijumpai dimana saja di kota-kota besar Indonesia. Namun tempat membeli dodol yang enak tetap saja harus ke kota Garut nya langsung. Selain harganya yang relatif lebih murah, disini Anda juga bisa mendapatkan ras variasi dodol garut seperti dodol garut rujak manis dan pedas. Anda juga bisa berkunjung langsung ke pabriknya dan melihat langsung proses pembuatan dodol garut. Disini Anda juga bisa mencicipi dodol garut yang baru selesai diolah dan akan dibungkus. Harga dodol garut pun bervariatif sekitar 15.000 hingga 60.000 rupiah dan biasanya dijual per gram atau per bungkus. Harga ini tentunya bisa lebih rendah bila Anda membeli di pabriknya langsung.

 4. Dorokdok, Kerupuk Kulit yang Renyah khas Jawa Barat

Bagi Anda pecinta kuliner tak ada salahnya untuk mencoba kerupuk dorokdok, salah satu kuliner Jawa Barat. Dinamakan dorokdok karena saat dimakan menimbulkan bunyi “dorok…dok…dorok…dok”. Kuliner khas Jawa Barat ini sangat pas untuk dimakan dengan makanan berkuah atau sekedar dicemil. Kerupuk dorokdok seringkali disamakan dengan kerupuk kulit padahal dasar bahannya berbeda.
kuliner bandung yang pas untuk dijadikan oleh-oleh jika ke bandungNamun cara pembuatan kerupuk dorokdok mirip dengan kerupuk kulit. kerupuk dorokdok menggunakan bahan dasar kulit sapi yang diracik dengan bawang putih, ketumbar, kunir, asam jawa, garam, gula merah dll. Kulit mentah lalu diijemur hingga kering baru digoreng. Prosesnya memakan waktu yang cukup lama yaitu sekitar lima hari hingga satu minggu. Sebetulnya kerupuk dorokdok merupakan kuliner khas kota Garut, akan tetapi dorokdok banyak ditemukan di kota Bandung. Kerupuk ini banyak tersedia di toko oleh-oleh. Anda bisa mencoba kerupuk ini dalam berbagai rasa seperti original, manis, asin, pedas, dan gurih.Harga kerupuk dorokdok lebih mahal bila dibandingkan kerupuk kulit. Kerupuk kulit sebesar 250 gr dibandrol 8000 rupiah sementara kerupuk darokdok dengan berat yang sama bisa mencapai 12.000 rupiah. Namun untuk urusan rasa, Anda tidak perlu meragukan. Kerupuk dorokdok juga bebas dari bahan pengawet karena diolah dengan bahan alami, Selain itu kerupuk dorokdok juga tersedia dalam berbagai kemasan. Anda tinggal membelinya sesuai kebutuhan Anda.

Baca Juga : Tempat Makan Batagor yang Enak dan Murah

5. Tahu Sumedang, Tahu Gurih yang Mendunia

Salah satu kuliner Jawa Barat yang cukup populer dan banyak di cari adalah tahu Sumedang. Selain Kuliner khas Jawa Barat ini amat banyak dicari oleh para pecinta kuliner dan bisa dimakan sebagai camilan atau lauk. Biasanya tahu Sumedang dimakan dengan cabe kecil berwarna hijau. Tahu Sumedang banyak dijual di Bandung dan menjadi favorit para pelancong yang berkunjung di Bandung. Tahu Sumedang banyak di jual di toko oleh-oleh sekitar jalan cibaduyut dan leuwi panjang.
karena rasanya yang gurih, tahu ini juga memiliki ukuran yang lebih kecil dengan isi yang lebih kopong serta berwarna cokelat agak keriting dibandingkan tahu lainnya.
jajanan renyah yang wajib anda coba jika berwisata kuliner di bandungTahu Sumedang sendiri berasal dari daerah Sumedang Jawa Barat dan sering juga dianggap sebagai makanan khas Sumedang. Disana tatacara pembuatan tahu Sumedang amat dijaga sehingga kualitas tahu Sumedang pun tetap higienis dan enak. Kualitas bahan-bahan seperti kacang kedelai, penggumpal, air, dan lain-lain pun dipastikan baru dan bersih. meskipun di kota-kota besar di Indonesia sudah banyak tersedia tahu Sumedang, namun tempat membeli tahu sumedang yang enak tetaplah di kota Sumedang. Hal ini dikarenakan di kota Sumedang terdapat berbagai sentra pembuatan tahu Sumedang secara turun temurun. Selain itu tahu sumedang juga tidak bisa bertahan lama karena terbuat dari bahan-bahan alami. Setelah dimasak, enaknya tahu sumedang langsung disantap panas-panas. Harga tahu Sumedang juga sangat terjangkau, hanya 600 rupiah per buah. Namun bila sudah masuk ke kota-kota besar harganya bisa melonjak naik 10.000 perbungkus yang berisi sepuluh buah tahu.

6. Oncom, Kuliner Khas Bandung Favorit Para Pelancong

Bagi Anda pecinta kuliner Bandung Anda tentunya tidak akan merasa asing dengan oncom. Makanan
yang satu ini bisa diolah menjadi bermacam-macam penganan seperti, sambal oncom, nasi tutug oncom, comro, pepes oncom, dan lain-lain. Makanan khas Bandung ini biasanya memiliki ciri berwarna merah, berbeda dengan oncom dari luar Bandung yang berwarna putih. Hal ini disebabkan karena kapang Bandung biasanya berwarna merah. Oncom terbuat dari bungkil kacang tanah. 

kuliner yang menjadi favorit para pelancong jika ke bandungCara pembuatan oncom cukup rumit karena bungkil kacang tanah harus direndam di dalam air matang selama tujuh jam hingga menjadi serbuk. Setelah itu serbuk oncom, disimpan dalam keranjang bambu hingga airnya meresap kebawah. Proses ini akan memakan waktu semalam penuh. Sesudah itu oncom harus dikukus kemudian dicetak dan didiamkan selama dua belas jam. Setelah itu baru oncom bisa diberi ragi oncom dan ditutup rapat-rapat. Daripada Anda repot membuatnya akan lebih mudah membelinya langsung. Tempat membeli oncom yang enak adalah di pasar-pasar tradisional yang ada di wilayah Bandung dan sekitarnya. Selain lebih fresh harganya pun lebih murah. Harga oncom biasanya hanya 500 rupiah dalam ukuran kecil. Anda juga bisa membelinya dalam kemasan, biasanya akan dikenai harga 3000 per bungkus dengan isi tiga potong. Bila Anda tidak sempat ke Bandung, di pasar-pasar tradisional pun kini sudah mulai banyak dijual oncom, namun jangan heran bila warna dan rasanya berbeda dengan yang Anda beli di Bandung.

7. Bajigur, Minuman Khas Sunda yang Yahuuud...

Ini minuman/kuliner bandung yang wajib anda cobaSelain makanan Bandung juga terkenal akan minumannya, salah satuya adalah bajigur. Minuman khas Bandung yang satu ini amat diminati karena selain membuat hangat juga menyehatkan. Bajigur biasanya disajikan hangat hangat dengan beberapa penganan seperti pisang rebus, kacang rebus, atau gorengan. Kuliner Bandung ini biasanya disajikan pada malam hari. Cara pembuatan bajigur sebenarnya cukup mudah, menggunakan gula palem atau gula aren, dan santan sebagai bahan utamanya. Setelah itu ditambahkan daun padan, gula pasir, garam, bubuk kopi, dan jahe. Biasanya bajigur juga ditambahkan roti tawar dan kolang kaling. Anda tinggal merebus semua bahan (kecuali santan, kolang kaling, dan roti) hingga mendidih. Angkat, lalu saring dan tambahkan santan kolang kaling rebus, dan roti. Namun bila Anda tak ingin repot dan sedang berada di Bandung maka Anda cukup mencari tenda kaki lima untuk meminum minuman hangat ini.

Harga Bajigur pergelas biasanya 3.500 rupiah.Bajigur juga kini menjadi oleh-oleh khas kota Bandung. Anda dapat membeli bajigur instan di toko oleh-oleh yang banyak tersebar di kota Bandung dan sekitarnya. Bajigur instan ini cara penyajiannya sangat mudah. Tinggal diseduh dengan air panas dan biasanya sudah dilengkapi dengan berbagai isi. Persis seperti bajigur yang Anda jumpai di kaki lima di wilayah Bandung. Rasanya pun tak kalah enak. Cukup nikmat untuk menemani malam Anda dengan kehangatan khas Bandung.

8. Bandrek, Minuman Hangat Khas Sunda yang Wajib Anda Coba

Kuliner/minuman khas bandung yang menyehatkan dan menghangatkan badanJika Anda pecinta minuman rempah maka Anda wajib mencicipi kuliner Bandung yang satu ini yaitu
Bandrek. Minuman khas Bandung ini terdiri dari banyak macam rempah rempah seperti jahe, cengkeh, dan kayu manis. Minuman bandrek terkenal memiliki banyak khasiat dan manfaat bagi tubuh. Cara pembuatan bandrek sebenarnya cukup mudah namun bila dibandingkan dengan bajigur, bahan-bahannya jauh lebih banyak. Jahe yang digunakan harus dibakar dan dimemarkan terlebih dahulu, selain itu dibutuhkan cengkeh, kayu manis, garam, gula aren, dan daun pandan. Semua bahan tersebut direbus jadi satu hingga mendidih dan mengeluarkan wangi khas bandrek. Setelah itu disaring lalu disajikan dalam keadaan panas. Anda juga bisa menambahkan kolang-kaling rebus atau sari kelapa.
Minuman ini lebih nikmat bila disajikan hangat-hangat dan disantap bersama penganan rebus lainnya seperti pisang atau kacang. Anda juga bisa menyatapnya dengan gorengan atau kue-kue kecil lainya. Jika Anda sedang berkunjung ke kota Bandung. Anda bisa menemui berbagai pedagang kaki lima yang menjual minuman ini baik siang maupun malam hari. Harga bandrek biasanya 3.500 rupiah hingga 5000 rupiah pergelas. Namun bila Anda tak ingin repot Anda bisa menyeduh bandrek instan yang sekarang banyak tersedia di pasaran. Bandrek instan ini dapat Anda temui dalam berbagai bentuk dan merk namun tetap memiliki rasa khas bandrek.

9. Seblak Bandung, Makanan Khas Bandung yang Nendang Rasanya.

Seblak, kuliner bandung yang nendang pedasnyaPara pecinta kuliner Bandung, kini telah hadir makanan khas Bandung yang dapat Anda cicipi yaitu seblak Bandung. Apa itu seblak Bandung? Ini adalah seblak yang dibuat dari tulang ayam yang sangat lezat dan gurih. Cara pembuatan seblak tulang ini, dilakukan dengan proses yang higienis dan hanya menggunakan bumbu berkualitas. Jadi Anda tidak perlu khawatir pada saat mengonsumsi seblak ini. Kelezatannya, telah membuat makanan ini sangat digemari di kalangan para pecinta kuliner.
Rasa dan bumbu yang digunakan pun beragam, ada yang hanya asin, adapula yang berlabel pedas. Sebagai variasi dari jenis seblak yang sudah umum dijual, seblak tulang merupakan inovasi baru yang lezat. Tidak hanya lezat, harga seblak tulang pun sangat terjangkau, Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk dapat menikmati panganan renyah dan lezat ini. Selain itu, untuk dapat mencicipi seblak tulang, Anda bisa mendatangi berbagai tempat makan seblak tulang yang enak yang tersebar diberbagai daerah terkenal di seantero Bandung. Jadi jika Anda ingin mencari petualangan kuliner baru di Bandung, carilah seblak tulang yang lezat nan gurih ini sebagai salah satu tujuan wisata kuliner Anda.Anda pun bisa membawa seblak ini sebagai buah tangan untuk anggota keluarga di rumah. Selamat mencoba!

10. Awug, Kuliner Khas Bandung yang Menarik dan Enak.

Awug kuliner traditional khas bandung yang maknyussBandung sangat kaya akan kelezatan kulinernya yang sangat beragam dan bervariasi. Sebagai salah satu , Bandung memang memberikan pengalaman yang sangat seru dalam berburu kuliner khasnya. Salah satu yang terkenal di Bandung adalah awug. Awug adalah jajanan tradisional asli khas Bandung yang terbuat dari tepung beras atau tepung ketan, kelapa, perasa daun pandan, dan gula merah. Makanan ini mirip dengan kue putu. Namun bedanya, putu diolah dengan cara dikukus di dalam potongan bambu kecil sedangkan cara pembuatan awug dikukus di dalam wadah yang berbentuk gunungan lancip, mirip dengan gunungan nasi tumpeng. Potongan gula merah kemudian dicampur sedemikian rupa sehingga berbentuk mozaik. Awug memiliki rasa manis dan legit, lebih enak dimakan pada sore dan malam hari dalam keadaan masih panas.

Harga awug sangat terjangkau, berbanding terbalik dengan rasanya yang sangat enak. Jika Anda berniat untuk berwisata kuliner Bandung, maka makanan khas Bandung inilah mungkin salah satu pilihan cocok untuk Anda. Anda bisa pergi ke tempat membeli awug yang enak di berbagai daerah kuliner popular di Bandung. Tidak perlu repot mencarinya karena awug banyak dijajakan para penjual makanan/kuliner di Bandung. Pastikan Anda mencobanya jika tidak ingin menyesal nantinya. Jangan lupa untuk membawakan bagi orang di rumah agar semua menikmat kelezatannya!

Dibawah ini juga merupakan makanan/kuliner Bandung yang kami rekomendasikan untuk anda : 

  1. Bandros, jajanan khas masyarakat Bandung. 
  2. Cilok Bandung, kuliner bandung yang murah meriah
  3. Lotek, Kuliner Bandung yang kaya dengan vitamin sayuran
  4. Peyeum Bandung, kuliner olahan singkong ala Bandung
  5. Colenak, kuliner yang di cocol enak.
  6. Surabi Bandung, kuliner bandung yang enak dan murah



Poskan Komentar
Tertarik untuk berwisata ke Bandung? Silahkan hubungi hotline pemesanan kami.

0813.1220.0761 (Telkomsel)
0878.2157.3102 (XL)

Atau anda bisa menghubungi kami melalui e-mail contact@easytourbandung.co