Titik Km ‘0’ Kota Bandung ; Awal Mula Kota Bandung

Salah satu tempat wisata bandung yang mesti dikunjungi

Titik Km ‘0’ Kota Bandung – Setiap kota pasti memiliki titik nol dengan semua cerita menarik di balik itu . Di Bandung , titik nol terletak di pusat kota , tepatnya di Jalan Asia Afrika , di depan hotel , Savoy Homann Bidakara , hotel yang pernah dikunjungi Ir . Sukarno dan Komedian Dunia Charlie Chaplin, selain itu htel ini juga digunakan oleh para peserta Konferensi Asia Afrika.  Monumen setinggi 1 meter atau kurang , banyak menyimpan sejarah panjang perkembangan kota Bandung , karena titik 0 ini dianggap sebagai titik sentral pembangunan Bandung.

Baca Juga : Paket Wisata Bandung, Berwisata Menjadi Lebih Mudah 

Cerita di Balik Titik 0 Km Kota Bandung

Ada sedikit cerita di balik Titik Nol Bandung. Di masa lalu ketika Belanda masih menguasai sebagian besar wilayah Indonesia , Gubernur Jenderal Belanda , Mr . Herman Willem Daendels memerintahkan pembangunan 1000 km dari jalan utama, termasuk Jalan Pos di London yang kini telah berubah nama menjadi Jl . Asia dan Afrika . Ketika mengunjungi Bandung dan Bupati Bandung Daendels , Wiranatakusumah II ; meresmikan jembatan Cikapundung , kemudian Daendels berbicara dalam bahasa Belanda , ” Usahakanlah , jika aku kembali , di sini telah dibangun sebuah kota ” . Perkataan Dandels ini konon dilakukan sambil memasukkan tongkat di suatu titik , yang akhirnya disebut sebagai Titik Nol Bandung . Dari sini juga , berkembang gagasan bahwa Titik Nol Bandung adalah titik balik dalam pengembangan Kota Bandung.
Tidak hanya titik 0 hanya monumen yang bisa dikunjungi di Jalan Asia Afrika , wilayah sebelumnya bernama gedung De Grote Postweg dikelilingi oleh kemewahan dan gaya Art Deco bersejarah , seperti Gedung Merdeka Afrika atau Museum Asia Afrika. Lalu ada The Majestic Braga , sebelumnya dikenal sebagai bioskop Asia Afrika Cultural Center digunakan untuk para pembesar zaman Belanda . Dekat monumen tersebut pula , adalah kepala lokomotif asli dari tahun 1900 dan masih kokoh sebagai salah satu ciri khas bangunan kuno dari Bandung.
Jadi jika Anda punya kesempatan berwisata ke Kota Bandung , mungkin anda bisa mengunjungi Titik 0 Bandung dan gedung-gedung di sekitar Jl. Asia Afrika sebagai bagian dari tour bandung anda.

Tempat Wisata Di Bandung Yang Lainnya : 

  1. Wisata Belanja di Pasar Baru Bandung
  2. Wisata Kawah Putih Ciwidey Bandung
  3. Wisata Situ Patenggang Ciwidey Bandung
  4. Wisata Floating Market Lembang
  5. Wisata Museum Geologi Bandung


 www.easytourbandung.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Telepon Sekarang